Sabtu, 03 November 2012

ABSTRAK SKRIPSI KESALAHAN PENULISAN FONEM BAHASA JAWA


ANALISIS KESALAHAN PENULISAN
FONEM VOKAL BAHASA JAWA
OLEH SISWA SMK VETERAN 1 SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2009/2010



ABSTRAK

Disusun untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat
guna  Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah


Oleh
 Eko Wahyudi
NIM 0650900032


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO
2010
PERSETUJUAN

Skripsi dengan judul Analisis Kesalahan Penulisan Fonem Vokal Bahasa Jawa oleh Siswa SMK Veteran I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010 ini disetujui oleh Dosen Pembimbing I dan Dosen Pembimbing II untuk dipertahankan di hadapan Dewan Penguji Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan.




               Pembimbing I,                                                           Pembimbing II,


   Dr. Farida Nugrahani, M. Hum.                                     Drs. Mas Sukardi, M. Pd.
     NIP 19640611 199512 2001                                                NIP 110003165













PENGESAHAN

Skripsi dengan judul Analisis Kesalahan Penulisan Fonem Vokal Bahasa Jawa oleh Siswa SMK Veteran I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010 ini telah dipertahankan di hadapan Dewan Penguji Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan dinyatakan diterima sebagai salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pendidikan.

Pada hari :
Tanggal  :


Dewan Penguji Skripsi
              
1.      Agus Efendi, S. Sn., M. Sn.                                    1. ………………….
Ketua/Sekretaris

2.      Dr. Farida Nugrahani, M. Hum.                              2. ………………….
Penguji I

3.      Drs. Mas Sukardi, M. Pd.                                        3. …………………..
Penguji II





Mengesahkan,
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,


Drs. Agus Sudargono, M. Si.
 NIP 19580704 198603 1 003


DAFTAR ISI

Halaman
JUDUL…………………………………………………...………………..…..…i
PERSETUJUAN……………………………………..….…………………...…ii
PENGESAHAN…………………………………………………………….......iii
MOTTO…………………………………………………..…………………......iv
PERSEMBAHAN………………………………………………………………v
KATA PENGANTAR………………………………………………………....vi
DAFTAR ISI……………………………………………………………..…...viii
DAFTAR TABEL……………………………………………………………....x
DAFTAR SIMBOL………………………………………………………….....xi
ABSTRAK BAHASA INDONESIA………………………...………...……...xii
ABSTRAK BAHASA JAWA………………………………………………...xiii
BAB I PENDAHULUAN………………………………..……………………...1
  1. Latar Belakang Penelitian…………………………..……………....……1
  2. Fokus Penelitian……………………………………………………….....3
  3. Rumusan Masalah…………………………………………….……….....4
  4. Tujuan Penelitian…………………………………………………….......4
  5. Manfaat Penelitian…………………………………………………….…4
  6. Sistematika Penulisan…………………………………………………....5
BAB II LANDASAN TEORI DAN KERANGKA BERPIKIR………..…….6
  1. Bahasa Jawa……………………………………………………...…..…..6
  2. Tata Bahasa Jawa………………………….…………………..……..…..7
  3. Fonologi Bahasa Jawa…………………………………………………....8
  4. Kesalahan Berbahasa Jawa……………………………………………...19
  5. Kerangka Berpikir…………………………..……………………..…....22
BAB III METODOLOGI PENELITIAN………………………………..…...24
  1. Tempat dan Waktu Penelitian…………………………………………..24
  2. Jenis Penelitian………………………………………………………….25
  3. Subjek Penelitian……………………………………………………......26
  4. Sumber Data………………………………………………………….....27
  5. Teknik Pengumpulan Data………………………………………….…..27
  6. Instrumen Penelitian…………………………………………………....28
  7. Teknik Analisis Data…………………………………………………...29
  8. Kredibilitas Data………………………………………………………..30
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………….…32
  1. Hasil Pengumpulan Data……………………………………...………..32
  2. Analisis Data……………………………………………………………47
  3. Rekapitulasi dan Persentase Data Kesalahan………………………......58
BAB V PENUTUP………………………………………………………….....63
  1. Simpulan………………………………………………………………..63
  2. Implikasi Pendidikan…………………………………………………...65
  3. Saran……………………………………………………...…………….65
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………….....67

























ABSTRAK


EKO WAHYUDI. NIM 0650900032. Analisis Kesalahan Penulisan Fonem Vokal Bahasa Jawa oleh Siswa SMK Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. 2010.

Penelitian ini berawal dari ditemukannya kesalahan penulisan fonem bahasa Jawa di masyarakat, baik dikalangan anak-anak hingga tingkat mahasiswa. Atas dasar itu peneliti mencoba untuk meneliti kesalahan penulisan fonem tersebut di sebuah sekolah, yakni SMK Veteran I Sukoharjo. Peneliti berusaha menganalisa penulisan siswa pada tataran fonologi atau lebih khususnya pada tataran penulisan alofon fonem vokal bahasa Jawa /a,  i, u, e, ə, o/.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah kesalahan penulisan fonem vokal bahasa Jawa oleh siswa SMK Veteran I Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penulisan fonem vokal bahasa Jawa siswa SMK Veteran I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Landasan teori pada penelitian ini berisi tentang pengertian bahasa Jawa, tata bahasa Jawa, fonologi bahasa Jawa, alofon fonem vokal bahasa Jawa /a,  i, u, e, ə, o/,  dan kesalahan berbahasa dengan mengambil pada sumber-sumber yang mendukung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, karena penelitian ini menitik berakan pada analisis data. Populasinya semua siswa SMK Veteran I Sukoharjo sebanyak 357 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 13,5% atau 48 siswa dari populasi yang diambil secara acak atau random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes siswa yang berupa kata/ tembung berbahasa Jawa dalam bentu peper (lembar kertas) dan daftar pertanyaan wawancara. Untuk menganalisa datanya menggunakan cara diskriptif kualitatif, yaitu dengan mengelompokan data kesalahan siswa sesuai dengan klasifikasinya /a,  i, u, e, ə, o/, kemudian dianalisis dan dipersentasekan sesuai dengan banyak kesalahannya.
Hasil penelitian menunjukkan, ternyata banyak kesalahan yang dibuat siswa dalam menuliskan kata/ tembung yang bervokal bahasa Jawa baik pada tataran /a,  i, u, e, ə, o/. Pada penulisan fonem /a/, kesalahan siswa mencapai 14,80 %. Pada fonem /i/, kesalahan siswa mencapai 7,96%. Pada penulisan fonem /u/, kesalahan siswa mencapai 6,98%. Pada penulisan fonem /e/, kesalahan tersebut merupakan kesalahan terbanyak yang terjadi pada penelitian ini, yang mencapi 60,33%. Pada penulisan fonem /ə/, kesalahan siswa mencapai 7,54%. Pada penulisan fonem /o/, kesalahan siswa hanya mencapai 2,37%.




ABSTRAK


EKO WAHYUDI. NIM 0650900032. Analisis Kesalahan Penulisan Fonem Vokal Bahasa Jawa oleh Siswa SMK Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. 2010.

Panelitèn iki kawiwitan rikala ditemokaké kaluputan panulisan foném basa Jawa ing masyarakat, wiwit bocah-bocah nganti mahasiswa. Mula iku mau, paneliti nyoba nyinaoni kaluputan panulisan foném mau ing sajroning sekolah, yaiku SMK Vèteran I Sukoharjo. Paneliti duwèni cara nganalisa panulisané siswa ing tataran fonologi utawa luwih mliginé ing tataran alofon vokal basa Jawa/a,  i, u, e, ə, o/.
Rumusan masalah ing panelitèn iki yaiku apa ana kaluputan panulisan foném vokal basa Jawa sing digawé siswa SMK Vèteran 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Ancasing panelitèn iki kanggo mangertèni kaluputan panulisan foném vokal basa Jawa SMK Vèteran 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Landasan téori ing panelitèn iki isiné pangertèn basa Jawa, tata basa Jawa, fonologi basa Jawa, alofon foném vokal /a,  i, u, e, ə, o/ lan kaluputan ing basa.  
Métodhe sing digunakaké ing panelitèn iki yaiku métodhe panelitian kualitatif, amarga panelitèn iki mbakokaké ing analisis data. Populasiné kabèh siswa SMK Vèteran 1 Sukoharjo cacah 357 siswa. Sabanjuré sèmpelé 13,5% utawa 48 siswa sangka populasi, sing dijupuk kanthi plenthongan atau random sampling. Instrumèn kang digunakaké ing panelitèn iki soal  tès siswa sing arupa tembung basa Jawa lan instrumènt wawancara awujud dhaftar pitakonan marang siswa. Kanggo nganalisis dhata ing panelitèn iki ngggunakné cara dhèskriptif kualitatif, yaiku kanthi milah-milah dhata kang luput kanthi ngepasné miturut klasifikasiné déwé-déwé, yaiku miturut/a, i, u, e, ə, o/, banjur dipersèntasèkaké miturut akèhé kaluputan.
Wohing panelitèn nunduhaké, tibaké akèh banget kaluputan sing digawé siswa ing sajroné nulis tembung sing migunakaké vokal basa Jawa, ing tataran /a,  i, u, e, ə, o/. Sajroning panulisan foném /a/, kaluputan siswa nganti 14,80 %. Ing foném /i/, kaluputan siswa nganti 7,96%. Ing panulisan foném /u/, kaluputan siswa nganti 6,98%. Ing panulisan foném /e/, kaluputané paling akèh sajroning panelitèn iki, yaiku nganti 60,33%. Ing panulisan foném /ə/, kaluputan siswa nganti 7,54%. Ing panulisan foném /ə/, kaluputan siswa mung 2,37%.
    


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugrahani, Farida. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Paina&Sumarlam. 1996. Fonologi Bahasa Jawa. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Sasangka, Sry Satiya Tjatur Wisnu. 2007. Unggah Ungguh Basa Jawa. Jakarta:Yayasan Paramalingua.

Tim Penyusun. 2009. Pedoman Teknis Penulisan Skripsi: Jurusan Bahasa dan Seni. Sukoharjo: FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Utomo, Sutrisno Sastro. 2007. Kamus Lengkap Jawa-Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Wardani, Ina Kusni. 2009. Skripsi: Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat pada Karangan Berbahasa Jawa Siswa SMP Negeri 40 Purworejo Kab. Purworejo Tahun Pelajaran 2008/2009. Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Wedhawati, dkk. 2005. Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius.

id.wikipedia.org/wiki/bahasa_jawa ( diakses pada tanggal 21/7/2009, pukul 19.05).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar