Senin, 26 Maret 2012

BUKU CARA PRAKTIS BELAJAR AKSARA JAWA


24 JAM MENGUASAI AKSARA JAWA
Sebuah karya sebagai bentuk pelestarian budaya Jawa
 
Kini belajar aksara Jawa tidak lagi sulit. Dengan metode 24 Jam Menguasai Aksara Jawa, proses belajar akan menjadi mudah, praktis dan cepat. Metode belajar 24 Jam Menguasai Aksara Jawa merupakan metode belajar yang disusun dengan materi bertahap dari jilid I-IV (tingkatan jilid), seperti dalam belajar iqro’ huruf Arab. Metode ini dimulai susunan materi sederhana sampai pada tataran sulit (contoh kata-kata sederhana sampai pada tingkatan paragraf). Rincian materinya adalah sebagai berikut : Jilid I memuat materi Aksara Legena (aksara Jawa yang belum mendapatkan sandhangan maupun pasangan), Jilid II memuat materi Sandhangan Aksara Jawa, Jilid III memuat materi Pasangan Aksara Jawa, dan Jilid IV memuat Aksara Swara, Aksara Murda, Aksara Rekan, Pada Lingsa, Pada Lungsi, dan Adeg-adeg, dimana setiap akhir jilid terdapat evaluasi sebagai syarat untuk naik pada jilid selanjutnya.
Produk metode 24 Jam Menguasai Aksara Jawa diciptakan atas latar belakang SK. Gubernur Jawa Tengah No.895.5/01/2005, yang menyatakan kurikulum mata pelajaran bahasa Jawa wajib dilaksanankan di semua jenjang pendidikan di Jawa Tengah mualai dari SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/SMK/MA/SMALB baik sekolah negeri dan swasta. Berkaitan dengan hal tersebut, saat ini banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam belajar bahasa Jawa, terutama pada materi Aksara Jawa. Selain dari hal tersebut, saat ini dirasa belum ada metode yang praktis dalam belajar aksara Jawa. Maka dari itu metode ini dicipkatan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Produk metode 24 Jam Menguasai Aksara Jawa yang telah penulis ciptakan bertiga (Eko Wahyudi, Ary Catur Paripurno, Bisri Nuryadi) telah mengikuti beberapa pameran sampai pada tingkat Provinsi Jawa Tengah, antara lain,  Pameran Produk Inovasi (PPI) tahun 2011 di PRPP Semarang pada tanggal 29 September sampai 1 Oktober 2011, yang secara resmi acara tersebut dibuka oleh bapak Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah.
Bermula dari kampus
Produk metode 24 Jam Menguasai Aksara Jawa ini bermula dari hari penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, yang telah lolos pendanaan dari DP2M DIKTI Kementerian Pendidikan Nasional , antara lain: Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat tahun 2010, Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan 2011, dan Program Kreativitas Artikel Ilmiah 2011, dan saat ini, produk buku metode 24 Jam Menguasai Aksara Jawa telah resmi diterbitkan oleh LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantra Sukoharjo.
Harapan penulis, semoga karya ini bermanfaat bagi masyarakat sebagai salah satu bentuk upaya pelestarian budaya bangsa khususnya budaya Jawa.

INFO/SARAN/KRITIK/PEMESANAN : 

e-mail : ekojava52@yahoo.com

Telp./HP : Eko Wahyudi, S.Pd. 085229677742, 

                     Bisri Nuryadi, S.Pd. 085647209938, 

                     Ary CP., S.Pd. 085293566999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar