KEPUTUSAN
GUBERNUR JAWA TENGAH
NOMOR : 423.5/27/2011
TANGGAL : 7 APRIL 2011
KURIKULUM
MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA
UNTUK
JENJANG PENDIDIKAN SMA/SMALB/SMK/MA NEGERI DAN SWASTA
DI
PROVINSI JAWA TENGAH
A. STANDAR
ISI MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA SMA/SMALB/SMK/MA:
1.
KELAS
X (SEPULUH), SEMESTER 1 (SATU)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra
maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
a.
Mendengarkan
pengumuman kegiatan kemasyarakatan
|
b.
Mendengarkan
cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman dalam
ragam bahasa krama
|
||
c.
Mendengarkan
cerita rakyat yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
|
||
2.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
a.
Berdialog
menggunakan parikan/ wangsalan
|
b.
Bercerita
pengalaman yang mengesankan dalam ragam bahasa krama
|
||
c.
Berdialog
mengenai cerita rakyat
|
||
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra,
berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
|
a.
Membaca
pemahaman wacana nonsastra tentang budaya Jawa
|
b.
Membaca
pemahaman wacana berhuruf Jawa 10 – 15 kalimat
|
||
c.
Membaca
indah geguritan
|
||
4.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang
menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
|
a.
Menulis
ringkasan wacana nonsastra tentang budaya Jawa
|
b.
Menuliswacana
sederhana menggunakan huruf Jawa
|
||
c.
Menulis
geguritan
|
2.
KELAS
X (SEPULUH), SEMESTER 2 (DUA)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
a.
Mendengarkan
berita yang disampaikan melalui media elektronik
|
b.
Mendengarkan
pembacaan cerkak yang disampaikan secara langsung atau rekaman
|
||
2.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
a.
Menyampaikan
informasi yang diperoleh melalui radio, televisi, atau internet
|
b.
Membahas
atau mendiskusikan cerkak
|
||
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun
nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik
membaca
|
a.
Membaca
nyaring naskah berita
|
b.
Membaca
nyaring cerkak
|
||
4.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang
menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
|
a.
Menulis
wacana eksposisi dalam bentuk naskah berita pendek
|
b.
Menulis
wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak
|
3.
KELAS
XI (SEBELAS), SEMESTER 1 (SATU)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
a.
Mendengarkan
sambutan atau khotbah yang disampaikan secara langsung atau rekaman
|
b.
Mendengarkan
wawancara berupa rekaman atau langsung
|
||
c.
Mendengarkan
mendengarkan geguritan yang disampaikan secara langsung atau berupa rekaman
|
||
2.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
a.
Menyampaikan
sambutan dalam bentuk pambagyaharja
|
b.
Berdialog
sesuai dengan tingkat kesantunan
|
||
c.
Membahas
atau mendiskusikan isi geguritan
|
||
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra,
berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
|
a.
Membaca
pemahaman paragraf berdasarkan letak kalimat utama
|
b.
Membaca
pemahaman wacana berhuruf Jawa 15 – 20 kalimat
|
||
c. Nembang
Macapat
|
||
4.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang
menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
|
a.
Menulis
wacana sederhana dengan mempertimbangkan letak kalimat utama
|
b.
Menulis
wacana sederhana menggunakan huruf Jawa
|
||
c.
Menulis
syair tembang Macapat
|
4.
KELAS
XI (SEBELAS), SEMESTER 2 (DUA)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
a.
Mendengarkan
kegiatan musyawarah yang disampaikan secara langsung atau rekaman
|
b.
Mendengarkan
tembang macapat yang disampaikan
secara langsung atau dalam bentuk rekaman
|
||
2.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
a.
Membahas
atau mendiskusikan isi tembang macapat
|
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun
nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik
membaca
|
a.
Membaca
nyaring naskah pidato
|
b. Nembang
campursari
|
||
4.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang
menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
|
a.
Menulis
wacana persuasi dalam bentuk naskah pidato
|
b.
Menulis
parikan dan atau wangsalan
|
5.
KELAS
XII (DUABELAS), SEMESTER 1 (SATU)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
a.
Mendengarkan
sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang disampaikan secara langsung
atau dalam bentuk rekaman
|
b.
Mendengarkan
cerita wayang yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
|
||
2.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
a.
Menyampaikan
sambutan dalam bentuk pasrah panganten
atau panampi pasrah panganten dalam
upacara adat pengantin Jawa
b.
Mendiskusikan
pitutur luhur yang terkandung dalam
cerita wayang
|
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun
nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik
membaca
|
a.
Membaca
nyaring wacana berhuruf Jawa 20 – 25 kalimat
|
4.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang
menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
|
a.
Menulis
artikel tentang budaya Jawa
|
b.
Menulis
naskah drama/sandiwara
|
6.
KELAS
XII (DUABELAS), SEMESTER 2 (DUA)
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
|
a.
Mendengarkan
ceramah langsung atau rekaman tentang budaya Jawa
|
b.
Mendengarkan
rekaman drama/
sandiwara
|
||
2.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
a.
Berbicara
dalam forum sarasehan mengenai budaya Jawa
|
b.
Mendiskusikan
isi drama/sandiwara
|
||
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun
nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik
membaca
|
a.
Membaca
indah wacana panyadra
|
b.
Membaca
naskah drama/sandiwara sesuai karakter tokoh
|
||
4.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,
dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan
berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh
dan menulis dengan huruf Jawa
|
a.
Menulis
wacana argumentasi tentang budaya Jawa
|
B.
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN SMA/SMALB/SMK/MA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA
1.
MENDENGARKAN
Memahami
wacana lisan yang didengar, baik wacana sastra maupun nonsastra dalam berbagai
ragam bahasa Jawa berupa percakapan, pengumuman, berita, pidato, geguritan,
macapat, dan cerita.
2.
BERBICARA
Mengungkapkan
pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra
dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh
bahasa Jawa, berupa bercerita, berdialog, dan berpidato.
3.
MEMBACA
Menggunakan
berbagai keterampilan dan teknik membaca untuk memahami teks/wacana sastra
maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa berupa percakapan,
pengumuman, berita, pidato, geguritan, macapat, cerita, dan huruf Jawa
4.
MENULIS
Melakukan
keterampilan menulis baik sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa
Jawa untuk mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, perasaan, dan informasi
berupa percakapan, pengumuman, berita, pidato, artikel, geguritan, macapat,
cerita, dan huruf Jawa.
GUBERNUR
JAWA TENGAH,
BIBIT
WALUYO
MATUR NUWUN INFORMASINIPUN
BalasHapuswonten kurikulum ingkang enggal malih punapa boten pak? ingkang kurikulum 2013.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuskurlum 2013 blm positif ada mapel b.jawa,,,, skrang msh dlm pengodokan pemda,,,,
BalasHapusskul sy yg skrng ditunjuk utk menerapkan kurlum 2013, tdk mencantumkan mapel b.jawa
sekolahan saya materi Bahasa Sastra dan Budaya Jawa pakai materi baru SMA
BalasHapus