Rabu, 05 September 2012

KURIKULUM BAHASA JAWA SMA/SMK/MA/SMALB KTSP 2006


KEPUTUSAN GUBERNUR JAWA TENGAH
NOMOR         : 423.5/27/2011
TANGGAL     : 7 APRIL 2011

KURIKULUM MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA
UNTUK JENJANG PENDIDIKAN SMA/SMALB/SMK/MA NEGERI DAN SWASTA
DI PROVINSI JAWA TENGAH

A.  STANDAR ISI MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA SMA/SMALB/SMK/MA:
1.    KELAS X (SEPULUH), SEMESTER 1 (SATU)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
a.    Mendengarkan pengumuman kegiatan kemasyarakatan
b.    Mendengarkan cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman dalam ragam bahasa krama
c.    Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
a.    Berdialog menggunakan parikan/ wangsalan
b.    Bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam bahasa krama
c.    Berdialog mengenai cerita rakyat
3.
MEMBACA
Mampu membaca dan  memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
a.    Membaca pemahaman wacana nonsastra tentang budaya Jawa
b.    Membaca pemahaman wacana berhuruf Jawa 10 – 15 kalimat
c.    Membaca indah geguritan
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
a.    Menulis ringkasan wacana nonsastra tentang budaya Jawa
b.    Menuliswacana sederhana menggunakan huruf Jawa
c.    Menulis geguritan

2.    KELAS X (SEPULUH), SEMESTER 2 (DUA)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
a.    Mendengarkan berita yang disampaikan melalui media elektronik
b.    Mendengarkan pembacaan cerkak yang disampaikan secara langsung atau rekaman
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
a.    Menyampaikan informasi yang diperoleh melalui radio, televisi, atau internet
b.    Membahas atau mendiskusikan cerkak
3.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
a.    Membaca nyaring naskah berita
b.    Membaca nyaring cerkak
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
a.    Menulis wacana eksposisi dalam bentuk naskah berita pendek
b.    Menulis wacana narasi dalam bentuk sinopsis cerkak


3.    KELAS XI (SEBELAS), SEMESTER 1 (SATU)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
a.       Mendengarkan sambutan atau khotbah yang disampaikan secara langsung atau rekaman
b.      Mendengarkan wawancara berupa rekaman atau langsung
c.       Mendengarkan mendengarkan geguritan yang disampaikan secara langsung atau berupa rekaman
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
a.       Menyampaikan sambutan dalam bentuk pambagyaharja
b.      Berdialog sesuai dengan tingkat kesantunan
c.       Membahas atau mendiskusikan isi geguritan
3.
MEMBACA
Mampu membaca dan  memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
a.     Membaca pemahaman paragraf berdasarkan letak kalimat utama
b.    Membaca pemahaman wacana berhuruf Jawa 15 – 20 kalimat
c.    Nembang Macapat
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
a.    Menulis wacana sederhana dengan mempertimbangkan letak kalimat utama
b.    Menulis wacana sederhana menggunakan huruf Jawa
c.    Menulis syair tembang Macapat



4.    KELAS XI (SEBELAS), SEMESTER 2 (DUA)


No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
a.       Mendengarkan kegiatan musyawarah yang disampaikan secara langsung atau rekaman
b.      Mendengarkan tembang macapat yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
a.     Membahas atau mendiskusikan isi tembang macapat
3.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
a.     Membaca nyaring naskah pidato
b.    Nembang campursari
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
a.     Menulis wacana persuasi dalam bentuk naskah pidato
b.    Menulis parikan dan atau wangsalan



5.    KELAS XII (DUABELAS), SEMESTER 1 (SATU)


No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
a.       Mendengarkan sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
b.      Mendengarkan cerita wayang yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
a.       Menyampaikan sambutan dalam bentuk pasrah panganten atau panampi pasrah panganten dalam upacara adat pengantin Jawa
b.      Mendiskusikan pitutur luhur yang terkandung dalam cerita wayang
3.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
a.       Membaca nyaring wacana berhuruf Jawa 20 – 25 kalimat
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
a.     Menulis artikel tentang budaya Jawa
b.    Menulis naskah drama/sandiwara


6.    KELAS XII (DUABELAS), SEMESTER 2 (DUA)

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa
a.       Mendengarkan ceramah langsung atau rekaman tentang budaya Jawa
b.      Mendengarkan rekaman drama/
sandiwara
2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
a.       Berbicara dalam forum sarasehan mengenai budaya Jawa

b.      Mendiskusikan isi drama/sandiwara
3.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa, dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca
a.     Membaca indah wacana panyadra

b.     Membaca naskah drama/sandiwara sesuai karakter tokoh
4.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra yang menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa
a.       Menulis wacana argumentasi tentang budaya Jawa


B.   STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA/SMALB/SMK/MA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA
1.        MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan yang didengar, baik wacana sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa berupa percakapan, pengumuman, berita, pidato, geguritan, macapat, dan cerita.
2.        BERBICARA
Mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa, berupa bercerita, berdialog, dan berpidato.
3.        MEMBACA
Menggunakan berbagai keterampilan dan teknik membaca untuk memahami teks/wacana sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa berupa percakapan, pengumuman, berita, pidato, geguritan, macapat, cerita, dan huruf Jawa
4.        MENULIS
Melakukan keterampilan menulis baik sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa untuk mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, perasaan, dan informasi berupa percakapan, pengumuman, berita, pidato, artikel, geguritan, macapat, cerita, dan huruf Jawa.


GUBERNUR JAWA TENGAH,

BIBIT WALUYO

5 komentar:

  1. wonten kurikulum ingkang enggal malih punapa boten pak? ingkang kurikulum 2013.

    BalasHapus
  2. kurlum 2013 blm positif ada mapel b.jawa,,,, skrang msh dlm pengodokan pemda,,,,
    skul sy yg skrng ditunjuk utk menerapkan kurlum 2013, tdk mencantumkan mapel b.jawa

    BalasHapus
  3. sekolahan saya materi Bahasa Sastra dan Budaya Jawa pakai materi baru SMA

    BalasHapus